Beranda | Artikel
Doa Agar Dicintai Allah
Kamis, 7 September 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Doa Agar Dicintai Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 19 Safar 1445 H / 5 September  2023 M.

Doa Agar Dicintai Allah

Kata Abu Darda Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

كَانَ مِنْ دُعاءِ دَاوُدَ: اللَّهُمَّ إنِّي أَسْألُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَالعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إلَيَّ مِنْ نَفْسِي، وَأَهْلِي، وَمِنَ المَاءِ البَارِدِ

“Salah satu di antara doa yang dipanjatkan oleh Dawud ‘Alaihis Salam kepada Allah Ta’ala, beliau berkata: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada Engkau agar aku mencintaiMu, mencintai orang-orang yang mencintaiMu, dan mencintai satu ibadah yang mana ibadah itu menyampaikan aku kepada kecintaanMu. Ya Allah, jadikanlah kecintaanku kepada Engkau melebihi cintaku kepada diriku, melebihi cintaku kepada keluargaku, dan melebihi cintaku kepada air yang sejuk.`” (HR. Tirmidzi)

Sebagian ulama menyebutkan hadits ini adalah hadits yang dhaif. Namun makna-makna yang dikandung oleh hadits ini juga dikuatkan oleh dalil-dalil yang lainnya.

Di antara sebab agar seorang hamba mencintai Allah adalah dengan memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena memang ada sifat-sifat yang dengannya seorang dicintai oleh Allah Ta’ala, di antaranya adalah takwa, sabar, berbuat adil, dan yang lainnya. Dengan mengerjakan amalan-amalan tersebut, seseorang akan mendapatkan cinta Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tentu cinta yang dimaksud bukan sekedar pengakuan. Banyak orang mengaku mencintai Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tapi juga tidak sedikit di antara yang mengaku tersebut, cintanya hanya di lisannya saja hanya. Namun dalam prakteknya jauh dari apa yang ditentukan, diajarkan, dan disyariatkan oleh Allah dan RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Oleh karena itu seseorang apabila ingin dia mendapatkan cinta Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah dengan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sebagaimana Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Katakanlah (wahai Muhammad): ‘Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.`” (QS. Ali ‘Imran[3]: 31)

Maka salah satu sebab utama seorang hamba mendapatkan cinta Allah Ta’ala adalah dengan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mengikuti beliau artinya beriman kepada beliau, mengikuti sunnah-sunnahnya, cinta kepada Ahlus Sunnah wal Jama’ah (orang-orang yang mengikuti beliau dengan baik), mencintai ajaran-ajaran beliau, mengerjakan amalan-amalan yang disunnahkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan menjadikan beliau sebagai teladan dalam kehidupan.

Seorang hendaknya mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar mendapatkan cinta Allah, cinta kepada orang-orang yang mencintai Allah, dan mencintai amal yang mendekatkan kepada cinta Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53291-doa-agar-dicintai-allah/